thefirstmanonjupiter
Reality, Honesty, Stupidity...zoomed. Exaggerating is an art!

It's in the HOW

***Writer's note: It's in the HOW" adalah salah satu cerita dari DARK JOURNALS--the series


“Kematian yang menarik adalah bagaimana peristiwa itu terjadi, bukan kapan, bukan dimana, bukan kenapa dan bukan siapa!”
Aku memilih kalimat pembuka sebuah kelas menulis novel oleh seorang penulis terkenal yang pernah aku ikuti workshopnya. Aku memutuskan untuk menulis tentang salah satu sesi yang aku ikuti ini dan akan aku kirimkan ke editorku. Tulisan ini akan menjadi artikel DARK JOURNALS yang aku asuh di suatu surat kabar ibu kota.
Kalimat pertama tadi membuatku berpikir sampai sekarang. Menurutku dia benar. Menurutku dia benar sekali.
“ Seseorang penting di negara ini yang  meninggal di pagi-pagi buta karena di dorong dari atap ketiga belas sebuah gedung yang belum selesai oleh saingan bisnisnya bisa saja menjadi berita. Dan berita itu akan menarik.
“Mari kita coba cara lain untuk membunuhnya. Kalau anda mendorong dia, kematiannya akan cepat dan tidak begitu berkesan untuk pembaca. Seorang businessman yang curang atau dicurangi adalah hal yang biasa bukan? Tetapi apabila dia sampai terbunuh dengan tragis dan menarik perhatian masyarakat, itu baru luar biasa. Let’s see….
“Saya ingin anda menulis lima hal yang berakitan dengan kata “businessman”.
Semua peserta kursus itu menggerakkan pensil atau pulpen mereka. Ada yang langsung menulis di atas kertas dan ada juga yang mengetuk-ngetukkannya di pipi atau dahi mereka. Ketika semuanya selesai, si penulis di depan ruangan itu bertanya:
“Apa yang menjadi nomor satu di daftar anda?”
“Uang.” Beberapa peserta menjawab hal yang sama di waktu yang hampir bersamaan pula.
“OK. Uang. Money. Now, ANDA adalah pembunuhnya. ANDA akan menggunakan uang untuk membuat pembunuhan anda menarik perhatian masyarakat. Apa yang anda lakukan dengan uang itu?”
Si penulis membagi 15 peserta kedalam 5 grup untuk mendiskusikan ide-ide mereka. Setelah beberapa saat, dia mengumpulkan jawaban-jawaban yang ada.
“Grup 1, apa yang akan anda lakukan dengan uang itu?”
“Disumpalkan ke mulut korban?”
“Dan berapa cerita sejenis yang menulis tentang hal itu? Originalitas. Originalitas. Grup 2?”
“Kami memutuskan untuk menutupi mukanya dengan uang yang kami tempelkan menggunakan isolasi.
“Dan ketika anda mendorong dia, angin akan melepaskan isolasi anda bukan? Lantai 13, orang-orang. Perhitungkan kecepatan angin. Grup 3, bagaimana dengan uangnya?”
“Diinfakkan?” Salah satu peserta dari grup itu membuat tawa riuh di ruangan. Semua orang terpikal-pikal kecuali si penulis.
“It’s a workshop for crime stories. Workshop cerita komedi di gedung sebelah!”
Tawa itu segera terhenti dengan seketika.
“Grup 3?”
“Ehm, ehm,..” setelah membersihkan tenggorokanku—walaupun aku dan si penulis adalah dua orang di ruangan itu yang tidak tertawa. Aku meneruskan kalimatku dengan dua jawaban.
“Boleh saya memeberikan dua jawaban? Satudari grup saya dan satu dari saya pribadi.”
Dia mengangguk.
“Jawaban dari grup saya adalah membunuhnya terlebih dahulu di lantai 13 dengan cara menusuk perutnya. Kemudian kami mengeluarkan isi perut itu dan memasukkan uang kedalam organ yang sudah kosong lalu menjatuhkannya.”
Beberapa peserta terlihat bergidik mendengar jawaban grupku.
Aku meneruskan kalimatku dengan pilihan jawaban pribadiku—yang menurut si penulis, dua hari setelah itu, membuatku menjadi partisipan dengan nilai terbaik. “
“Jawaban saya pribadi yang tampaknya tidak disetujui grup saya adalah, saya akan menebarkan banyak sekali uang dari lantai tiga belas. Walaupun masih pagi hari, saya yakin tetap ada orang-orang di bawah gedung. Mereka akan berebut untuk mendapatkan uang itu. Dan saat mereka semua menatap ke atas, saya akan mendorong korban jatuh kebawah.”

--Je--
2 comments:

embeeeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrr


About Me

My photo
Jakarta, Indonesia
There is a time in a man's life when he has to make a very important decision that will affect his future. For me,..it's writing this blog. ( Exaggerating is an art!!)

leave ur msg after the "beep". LOL.


ShoutMix chat widget
Count me in...